سورة العلق Al-’Alaq

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

  1. اقْرَأْ (Bacalah) maksudnya mulailah membaca dan memulainya -بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ(dengan menyebut nama Rabbmu yang menciptakan) semua makhluk.
  2. خَلَقَ الْإِنسَانَ(Dia telah menciptakan manusia) atau jenis manusia – مِنْ عَلَقٍ(dari ‘alaq) lafal ‘Alaq bentuk jamak dari lafal ‘Alaqah, artinya segumpal darah yang kental.
  3. اقْرَأْ(Bacalah) lafal ayat ini mengukuhkan makna lafal pertama yang sama – وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ (dan Rabbmulah Yang Paling Pemurah) artinya tiada seorang pun yang dapat menandingi kemurahan-Nya. Lafal ayat ini sebagai Haal dari Dhamir yang terkandung di dalam lafal Iqra’.
  4. الَّذِي عَلَّمَ(Yang mengajar) manusia menulis – بِالْقَلَمِ(dengan qalam) orang pertama yang menulis dengan memakai qalam atau pena ialah Nabi Idris a.s.
  5. عَلَّمَ الْإِنسَانَ (Dia mengajarkan kepada manusia) atau jenis manusia -مَا لَمْ يَعْلَمْ(apa yang tidak diketahuinya) yaitu sebelum Dia mengajarkan kepadanya hidayah, menulis dan berkreasi serta hal-hal lainnya.
  6. كَلَّا(Ketahuilah) artinya memang benar – إِنَّ الْإِنسَانَ لَيَطْغَى(sesungguhnya manusia benar-benar melampaui batas)
  7. أَن رَّآهُ(karena dia melihat dirinya) sendiri – اسْتَغْنَى(serba cukup) dengan harta benda yang dimilikinya; ayat ini diturunkan berkenaan dengan sikap Abu Jahal. Dan lafal Ra-aa tidak membutuhkan Maf’ul kedua; dan lafal An Ra-aahu berkedudukan sebagai Maf’ul Lah.
  8. إِنَّ إِلَى رَبِّكَ(Sesungguhnya hanya kepada Rabbmulah) hai Manusia -الرُّجْعَى(tempat kembali) yakni kembali kalian nanti, karena itu Dia kelak akan memberi balasan kepada orang yang melampaui batas sesuai dengan dosa-dosa yang telah dilakukannya. Di dalam ungkapan ini terkandung ancaman dan peringatan buat orang yang berlaku melampaui batas.
  9. أَرَأَيْتَ (Bagaimana pendapatmu) lafal Ara-ayta dan dua lafal lainnya yang sama nanti mengandung makna Ta’ajjub – الَّذِي يَنْهَى(tentang orang yang melarang) yang dimaksud adalah Abu Jahal.
  10. عَبْداً(Seorang hamba) yang dimaksud adalah Nabi Muhammad saw. – إِذَا صَلَّى(ketika dia mengerjakan salat.)
  11. أَرَأَيْتَ إِن كَانَ(Bagaimana pendapatmu jika orang yang dilarang itu) – عَلَى الْهُدَى(berada di atas kebenaran)
  12. أَوْ(Atau) huruf Au di sini menunjukkan makna Taqsim – أَمَرَ بِالتَّقْوَى(dia menyuruh bertakwa.)
  13. أَرَأَيْتَ إِن كَذَّبَ(Bagaimana pendapatmu jika orang yang melarang itu mendustakannya) yakni mendustakan Nabi saw. – وَتَوَلَّى(dan berpaling) dari iman?
  14. أَلَمْ يَعْلَمْ بِأَنَّ اللَّهَ يَرَى (Tidakkah dia mengetahui bahwa sesungguhnyaAllah melihat) apa yang dilakukannya itu; artinya Dia mengetahuinya, karena itu Dia kelak akan memberi balasan kepadanya dengan balasan yang setimpal. Maka sudah sepatutnya kamu hai orang yang diajak berbicara untuk merasa heran terhadap orang yang melarang itu, karena ia melarang Nabi melakukan salat, padahal orang yang dilarangnya itu berada dalam jalan hidayah dan memerintahkan untuk bertakwa. Yang amat mengherankan lagi ialah bahwa yang melarangnya itu mendustakannya dan berpaling dari iman.
  15. كَلَّا(Sekali-kali tidaklah demikian) kalimat ini mengandung makna hardikan dan cegahan baginya – لَئِن(sungguh jika) huruf Lam di sini menunjukkan makna qasam atau sumpah – لَّمْ يَنتَهِ(dia tidak berhenti) dari kekafiran yang dilakukannya itu – لَنَسْفَعاً بِالنَّاصِيَةِ(niscaya Kami akan tarik ubun-ubunnya) atau Kami akan seret dia masuk neraka dengan cara ditarik ubun-ubunnya.
  16. نَاصِيَةٍ(Yaitu ubun-ubun) lafal Naashiyatan adalah isim Nakirah yang berkedudukan menjadi Badal dari isim Ma’rifat yaitu lafal An-Naashiyah pada ayat sebelumnya – كَاذِبَةٍ خَاطِئَةٍ (orang yang mendustakan lagi durhaka) makna yang dimaksud adalah pelakunya; dia disifati demikian secara Majaz.
  17. فَلْيَدْعُ نَادِيَه(Maka biarlah dia memanggil golongannya) yakni teman-teman senadinya; Nadi adalah sebuah majelis tempat mereka memusyawarahkan sesuatu perkara. Sesungguhnya orang yang melarang itu mengatakan kepada Nabi saw. sewaktu dia mencegahnya dari melakukan salat, “Sesungguhnya aku telah mengetahui bahwa tiada seseorang pun di Mekah ini yang lebih banyak teman senadinya daripada aku. Sesungguhnya jika kamu mau meninggalkan salat, aku benar-benar akan memberikan kepadamu, kuda-kuda yang tak berpelana dan laki-laki pelayan sepenuh lembah ini.”
  18. سَنَدْعُ الزَّبَانِيَةَ(Kelak Kami akan memanggil malaikat Zabaniyah) mereka adalah malaikat-malaikat yang terkenal sangat bengis lagi kejam, untuk membinasakannya, sebagaimana yang telah disebutkan di dalam salah satu hadis, yaitu, “Seandainya dia benar-benar memanggil golongan senadinya, niscaya dia akan diazab oleh malaikat Zabaniyah secara terang-terangan.”
  19. كَلَّا(Sekali-kali tidaklah demikian) kalimat ini mengandung hardikan dan cegahan baginya – لَا تُطِعْهُ(janganlah kamu patuhi dia) hai Muhammad untuk meninggalkan salat – وَاسْجُدْ (dan sujudlah) maksudnya salatlah demi karena Allah – وَاقْتَرِبْ(dan mendekatlah) kepada-Nya dengan melalui amal ketaatan.

 

Iklan